Rabu, 18 Mei 2016

Pentingnya EQ Dalam Bisnis


Pentingnya kecerdasan emosional atau EQ dalam bisnis sudah disadari oleh banyak orang. EQ adalah salah satu faktor penting untuk membuat bisnis kita menjadi lebih baik.
Bisnis yang baik memancarkan energi baik.  Pebisnis dengan EQ tinggi tahu bahwa orang yang negatif akan menghancurkan sebuah bisnis.  Karena itu berada di lingkungan orang-orang positif dan membangun persahabatan dengan mereka adalah satu keharusan.
Menggabungkan dua unsur professional dan personal membuat hubungan bisnis akan makin positif satu sama lain.
Saya makin tahu dia, dia makin tahu saya.
Bagi saya, untuk membangun hubungan positif dengan klien, saat bertemu mereka bahkan tidak melulu serius dengan obrolan berat.  Kadang kami bicara tentang anak buku, makanan, berat badan, peluang kerjasama lainnya dan tertawa lucu-lucuan.
Saya sering berdiskusi dengan banyak klien bukan hanya sekedar memperpanjang kontrak kerjasama, namun juga saling mencerahkan, saling berbagi ilmu.
Lama-lama makin terasa bak sahabat dan keluarga dibandingkan sebagai klien.  Persahabatan bisnis menjadi persahabatan keluarga.
Orang dengan EQ tinggi memiliki toleransi rendah pada orang-orang yang memberikan aura negatif.  Untuk menghindari aura negatif dalam berbisnis, seminim mungkin saya mencoba untuk tidak bergesekan dengan pesaing.
Kalau pun ada gesekan saya mencoba untuk lebih banyak diam dan terus bergerak berinovasi dan meraih prestasi-prestasi lainnya dibandingkan melakukan pembenaran.
Akses sosial media memang sangat memudahkan satu orang dan orang lainnya terkoneksi.  Terlepas apakah koneksi ini digunakan untuk saling membangun atau merusak akan kembali pada attitude sang pengguna.
Untuk kita sebagai pebisnis hindari melakukan black campaign pada pebisnis lainnya.  Kenapa?  Sebab satu pebisnis dengan pebisnis lainnya harus saling bersinergi untuk mewujudkan sukses bersama.
Nah, jika ternyata ada orang yang memblack campaign Anda, jangan habiskan energi Anda, lebih baik Anda jauhi saja.
Bagaimana?  Sudah menyiapkan mental positif untuk saling membangun dan mendorong sukses?  Atau masih berjibaku dengan persaingan tidak sehat antar pebisnis?
Gunakan EQ Anda dalam bisnis, semoga kita bisa saling membangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar